Rabu, 29 Desember 2021

ASPEK-ASPEK PADA IT GOVERNANCE DAN RISK MANAGEMENT


IT Governance adalah suatu cabang dari tata kelola perusahaan yang terfokus pada sistem teknologi informasi (TI) serta manajemen kinerja dan risikonya.

Aspek - aspek pada IT Governance:

  1. Penyelarasan rencana strategis TI dengan tujuan bisnis Perusahaan (Strategic Alignment); berfokus pada memastikan hubungan bisnis dan rencana TI; mendefinisikan, memelihara dan memvalidasi proposisi nilai TI, dan menyelaraskan operasi TI dengan operasi perusahaan.
  2. Optimalisasi nilai bisnis Perusahaan bagi Perusahaan (Value Delivery); adalah tentang menjalankan proposisi nilai seluruh siklus pengiriman, memastikan bahwa TI memberikan manfaat yang dijanjikan terhadap strategi, berkonsentrasi pada mengoptimalkan biaya dan membuktikan nilai intrinsik TI.
  3. Optimalisasi investasi TI yang mencakup aplikasi, informasi, infrastruktur dan sumber daya manusia (Resouce Management); adalah tentang investasi yang optimal, dan pengelolaan yang tepat atas sumber daya TI yang kritis, yaitu antara lainaplikasi, informasi, infrastruktur dan orang-orang. Isu-isu kunci berkaitandengan optimasi pengetahuan dan infrastruktur.
  4. Pengelolaan resiko TI (Risk Management); membutuhkan kesadaran risiko dari pejabat perusahaan senior, pemahaman yang jelas tentang risk appetite perusahaan itu, pemahaman tentang persyaratan kepatuhan, transparansi tentang risiko yang signifikan untuk perusahaan dan menanamkan tanggung jawab manajemen risiko kedalam organisasi.
  5. Pengelolaan kinerja proses TI (Performance Measurement); menjalankan dan memonitor implementasi atasstrategi, penyelesaian proyek, penggunaan sumber daya, kinerja proses dan pelayanan pengiriman, yaitu menggunakan, misalnya, balanced scorecard yang menerjemahkan strategi ke dalam tindakan untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

Risk Management  adalah serangkaian prosedur dan metodologi serta analisa terhadap setiap proses atau kegiatan yang digunakan untuk mengidentifikasi resiko, melakukan tindakan atau persiapan untuk meminimalkan kemungkinan terjadinya suatu resiko dan meminimalkan dampak negatif yang ditimbulkan oleh resiko tersebut.

Pada aspek keberadaan IT, telah terjadi pergeseran cukup signifikan. Pergeseran IT sebagai pengolah data pada sebuah departemen PDE (pengolahan data elektronik) menjadi penyedia informasi bagi pihak manajemen (departemen IT).

Aspek - aspek pada Risk Management:

1.  Tataran Korporasi. Tataran Korposi  terdiri atas tiga aspek yaitu:

a)  Kecukupan modal minimum.

b)  Batasan portofolio investasi.

c)   Pemisahan rekening perusahaan dan nasabah.

Pengaturan aspek ini dimaksudkan untuk mencegah kejahatan korporasi (corporate crime).


2. Tataran Pengelola Perusahaan.Tataran Pengelola Perusahaan, terdiri dari tiga   aspek yaitu :

a)      Kompetensi manajemen berupa pengalaman dan keahlian.

b)      Integritas pengurus berupa rekam jejak yang tidak tercela.

c)      Tata pengelolaan yang baik dan transparan.

Pengaturan aspek ini dimaksudkan untuk mencegah kejahatan pimpinan perusahaan (white collar crime).  


3. Tataran Pelaksana Lapangan Perusahaan. Tataran Pelaksana Lapangan Perusahaan, terdiri dari 3 aspek yaitu:

a)      Pengenalan selera risiko nasabah (risk appetite).

b)      Pengetahuan tenaga penjual akan produk investasi yang dijualnya.

c)      Transparansi dalam menjelaskan risiko investasi.

Pengaturan aspek ini dimaksudkan untuk mencegah kejahatan tenaga pelaksana (blue collar crime).


REFERENSI:1. http://rezicaarighisutardi.blogspot.com/2018/12/it-governance-risk-management_6.html2.https://standaruditsisteminformasi.blogspot.com/2020/01/aspek-aspek-pada-it-governance-dan-risk.html3. http://rachmagustin.blogspot.com/2020/01/it-governance-risk-management.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

AUDIT IT PADA DOMAIN

  1. Audit IT pada domain EDM  (Evaluate, Direct, and Monitor) Proses tata kelola EDM berurusan dengan tujuan stakeholder dalam melakukan ...