GOVERNANCE |
Dalam aspek IT Governance contoh yang bisa diambil adalah dalam hal tata kelola IT yang fokus utamanya adalah :
1. Penyelarasan Strategis (Strategic Alignment)
Memfokuskan kepastian terhadap keterkaitan antara strategi bisnis dan TI serta
penyelarasan antara operasional TI dengan bisnis.
2. Penyampaian Nilai (Value Delivery) Mencakup
hal-hal yang terkait dengan penyampaian nilai yang memastikan bahwa TI memenuhi
manfaat yang dijanjikan dengan memfokuskan pada pengoptimalan biaya dan
pembuktian nilai hakiki akan keberadaan TI.
3. Pengelolaan Sumber Daya (Resource Management)
Berkaitan dengan pengoptimalan investasi yang dilakukan dan pengelolaan secara
tepat dari sumber daya TI yang kritis mencakup : aplikasi, informasi,
infrastruktur dan Sumber Daya Manusia (SDM). Isu kunci area ini berhubungan
dengan pengoptimalan pengetahuan dan infrastruktur.
4. Pengelolaan Resiko (Risk Management)
Membutuhkan kepekaan akan resiko oleh manajemen senior, pemahaman yang jelas
akan perhatian perusahaan terhadap keberadaan resiko, pemahaman kebutuhan akan
kepatutan, transparansi akan resiko yang signifikan terhadap proses bisnis
perusahaan dan tanggung jawab pengelolaan resiko ke dalam organisasi itu
sendiri.
5. Pengukuran Kinerja (Performance Measurement) Penelusuran dan pengawasan implementasi dari strategi, pemenuhan proyek yang berjalan, penggunaan sumber daya, kinerja proses dan penyampaian layanan dengan menggunakan kerangka kerja seperti Balanced Scorecard yang menerjemahkan strategi ke dalam tindakan untuk mencapai tujuan terukur dibandingkan dengan akuntansi konvensional.
RISK MANAGEMENT |
Dalam aspek Risk Management contoh yang bisa diambil adalah hal keamanan yakni diklasifikasikan menjadi 4 lubang keamanan :
1. Keamanan Yang Bersifat Fisik (physical
security) :termasuk akses orang ke gedung,peralatan, dan media yang digunakan.
2. Keamanan Yang Berhubungan Dengan Orang
(Personel) : termasuk identifikasi, dan profil resiko dari orang yang mempunyai
akses (pekerja).
3. Keamanan dari data media serta teknik
komnukasi(Communication) : termasuk juga kelemahan dalam software yang
digunakan untuk mengelola data.
4. Keamanan dalam Operasi : Termasuk kebijakan
(policy) dan prosedur yang digunakan untuk mengatur dan mengelola sistem keamanan
dan juga termasuk prosedur setelah serangan (post Attack Recovery).
REFERENSI :
https://zulfikarfarros.blogspot.com/2019/11/contoh-dari-setiap-aspek-yang-terdapat.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar